Jumat, 22 Juni 2012

Cara Instal dan Menggunakan Antivirus Microsoft Security Essentials



Cara Instal Microsoft Security Essentials


  1. Klik Next
  2. Klik “I accept”
  3. Di sini anda akan diberi 2 pilihan apakah anda ingin ikut serta dalam Custumer experience improvement program atau tidak.. saya lebih suka pilihan yang kedua kemudian klik “next”
  4. Beri tanda centang pada “if no firewall is turn on bla bla bla” kemudian klik “next”
  5. Kemudian anda akan diminta menunggu untuk persiapan instalasi antivirus Microsoft Essentials. Pada tahap ini ,Windows anda akan diverifikasi apakah diperbolehkan menginstal antivirus Microsoft Essentials.
  6. Setelah anda melewati tahap 5 maka anda akan dibawa ke langkah selanjutnya kemudian klik “install”
  7. Proses instalasi antivirus Microsoft Essentials sedang berlangsung, silahkan tunggu beberapa menit. Semua tergatung dari akses kecepatan internet yang anda gunakan
  8. Proses instalasi telah selesai, kemudian anda diminta untuk mencentang di “Scan my computer for potential threats after getting the latest updates” kemudian klik “finish”
  9. Proses download update antivirus Microsoft Essentials
Setelah proses download selesai maka antivirus Microsoft Essentials akan menscan secara otomatis pc / laptop anda.
Berikut ini saya akan mencoba mengenalkan lebih jauh antivirus windows tersebut.



Cara Menggunakan Microsoft Security Essentials

Tampilan Home


Tampilan “home” antivirus Microsoft security essentials. Berisi informasi real time protection terhadap keamanan laptop / pc anda. di bagian “Scan Option” terdapat 3 pilihan scan antivirus yaitu quick, full dan custom. Jika anda mencentang scan option “quick” maka antivirus tersebut akan menscan secara cepat hanya menscan drive C saja. Untuk pilihan scan option “full” maka seluruh drive anda akan terscan secara menyeluruh, menghabiskan banyak waktu jika menggunakan pilihan ini, tapi hasil scan lebih terasa maksimal. Pengalaman untuk hardisk sekapasitas 160 GB dengan isi hampir 95 % memakan waktu hingga kurang lebih 7 jam. Jika anda memilih scan option “custom” maka anda bebas memilih drive apa yang ingin anda scan.


 
Tampilan tab Update

Tampilan tab “UPDATE” antivirus Microsoft security essentials. Berisi informasi virus dan spyware defenitions. Disini anda bisa melihat status versi update-an antivirus Microsoft security essentials anda. Biasanya jika melewati waktu update lebih dari 7 hari maka panel dari antivirus tersebut akan berwarna kuning dan meminta update. Tapi saya sarankan lebih sering update maka lebih baik. Untuk meng-update antivirus ini diperlukan koneksi internet langsung. Fasilitas update secara manual tidak disediakan. Tapi jangan khawatir jika koneksi internet yang anda gunakan stabil, maka proses update akan berjalan dengan lancar tanpa hambatan ^^



Tampilan tab history

Tamplian tab “HISTORY” antivirus Microsoft security essentials. Disini anda akan melihat beberapa detected item yang berhasil dibersihkan atau di quarantine oleh antivirus ini beserta informasi jenis virus, Trojan dsb hingga informasi system yang terinfeksi. Jika anda ingin mensubmit informasi tersebut, silahkan klik menu “help” di bagian kanan atas panel antivirus Microsoft security essentials kemudian klik “submit malicious software sample” yang nantinya dalam update-an Microsoft security essentials berikutnya database varian virus maupun Trojan akan lebih bertambah lagi tingkat securitynya.

 
Tampilan tab Settings

Tampilan tab “Settings” antivirus Microsoft security essentials. Lakukan pengaturan setting antivirus disini. Anda bebas mengatur konfigurasinya menurut keinginan anda masing-masing. Namun saya akan menitikberatkan pada bagian “Scheduled scan” dan “Microsoft SpyNet”.

  • Pada bagian “Scheduled scan” khususnya “limit CPU usage during scan to” agar kiranya diset ke 50% (optional). Semakin tinggi angka yang anda set pada bagian ini maka semakin cepat pula proses scan virus berlangsung tapi memakan resource yang terlampau banyak. Jika program yang anda buka banyak maka akan mengakibatkan kondisi pc / laptop anda menjadi hang. Sebaliknya jika terlalu rendah, maka proses scan virus akan berjalan dengan sangat lambat. Untuk itu saya selalu menset ke 50%, tapi kembali lagi kepada anda, semua tergantung pada  spesifikasi laptop / pc bawaan.
  • Pada bagian “Microsoft SpyNet” terdapat tiga pilihan yaitu I do not want join Spynet, Basic membership, dan advanced membership. Saya lebih suka dengan pilihan yang ketiga. Adapun penjelasan mengenai hal ini bisa anda lihat sendiri di bagian “Microsoft Spynet”
Jangan lupa agar selalu menyimpan semua konfigurasi setting antivirus Microsoft security essentials anda dengan mengklik “Save Changes”
Pokoknya dijamin puas menggunakan antivirus Microsoft security essentials. Gratis, namun fitur dan tingkat securitynya tidak kalah jauh beda (malah lebih oke>>) dibanding antivirus gratis lainnya.
Segera upgrade dan update antivirus Microsoft security essentials anda karena virus, Trojan, worm, dan sebagainya makin hari makin ganas saja menyerang siapa saja. Baru-baru ini saja, saya terserang virus ganas sality (varian terbaru) dengan nama (win32/sality.AU). Untunglah setelah upgrade dan update, dan melakukan scanning secara full yang memakan waktu sekitar 7 jam untuk menscan kapasitas hardisk 160GB, kurang lebih 200an varian virus tersebut yang menjangkiti system pc saya terdisinfect (terobati), hanya dengan antivirus gratis yaitu antivirus Microsoft security essentials

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar